• Home
  • berita
  • UGM menghadiri KIPNAS dan Indonesia Science Expo 2015

UGM menghadiri KIPNAS dan Indonesia Science Expo 2015

kipnas2015-bukaLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI pada 8-9 Oktober 2015 yang bertepatan dengan Indonesia Science Expo pada 8-11 Oktober 2015.

UGM yang diwakili oleh Kepala Kantor UGM kampus Jakarta menghadiri rangkaian pembukaan acara KIPNAS di LIPI.

UGM yang diwakili dari Direktorat Penelitian dan Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi mengikuti acara Indonesia Science Expo 2015. UGM selama acara pameran yang berlangsung selama 4 hari menampilkan hasil-hasil penelitian yang sudah dikomersilkan maupun yang belum. Beberapa produk yang ditampilkan antara lain produk hasil penelitian Prof. Dr. Sardjito mengenai daun tempuyang yang dapat menghancurkan batu ginjal. Selain itu, terdapat juga beberapa produk lainnya seperti Cookies Garut berupa makanan ringan berbahan baku garut (Maranta Arundinacea). Nu Pumpseed berupa produk olahan dari labu kuning. Soya milkshake berupa susu kedelai dengan penambahan umbi-umbian lokal. Sereal beras hitam berupa produk beras hitam yang dijadikan produk olahan berupa sereal. Durante yang merupakan produk untuk mendeteksi kesegaran daging ayam dengan larutan reagen.

Ditampilkan juga hasil karya mahasiswa UGM yaitu kapal Savinna. Kapal Savinna merupakan drone kapal laut tanpa awak atau istilah lainnya USV (Unmanned Surface Vessel)yang dapat digunakan sebagai pelindung, penjelajah, dan sekaligus memetakan dasar laut. Stand pameran UGM juga menjual beberapa produk buku terbitan dari UGM Press.

Selama berlangsungnya pameran, tidak sedikit pengunjung pelajar yang menanyakan informasi dengan antusias mengenai program studi di UGM  dan cara masuk ke UGM. Sedangkan, banyak pengunjung dari kalangan praktisi yang antusias bertanya mengenai produk hasil olahan juga kapal savinna.

(UGMKJ/Kai)